Pages

Rabu, 13 Agustus 2014

Merangkul Konsumen dengan Strategi Pemasaran Produk Baru

Setiap usaha membutuhkan yang namanya pemasaran, demi memperkenalkan produk baru berupa barang maupun jasa yang baru dirilisnya. Terkadang tidak mudah membuat konsumen sadar dengan keberadaan produk baru, terutama ketika produk yang dipasarakan tersebut masih tergolong asing bagi masyarakat. Sejumlah strategi dan usaha lebih keras akan menjadi harga ‘perkenalan’ yang harus dibayar. Meskipun (kadang) sulit, tentu ada strategi pemasaran produk baru efektif yang bisa diterapkan produsen; sehingga upaya pengenalan berjalan sesuai harapan.

Strategi Menghadapi Pemasaran Produk Baru
Tidak mudahnya proses pemasaran, terutama produk yang masih tergolong baru, telah terbukti dengan sejumlah kegagalan yang dialami para pebisnis. Hal ini bisa dikatakan wajar, mengingat konsumen belum merasa familiar. Selain itu, konsumen pun mempunyai kebiasaan dan harapan yang berbeda tetang sebuah produk, yang mempengaruhi respon mereka terhadap produktertentu. Memasarkan produk baru, bahkan pemilihan strategi pemasaran adalah sebuah tantangan. Akan tetapi, tantangan tersebut bisa dijawab dengan sederet kreativitas dalam menyusun strategi pemasaran produk baru yang menarik konsumen.
 
Di bawah ini beberapa strategi pemasaran produk baru yang memungkinkan diterimanya produk baru oleh masyarakat:
-               riset pasar. Sebelum mulai menerapkan cara pemasaran tertentu, Anda perlu melakukan riset tentang potensi pasar dari produk yang baru Anda keluarkan; yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar potensi yang dimiliki produk tersebut dalam menarik minat konsumen. Jika hasil riset masih menunjukkan kabar yang negatif; itu artinya ada hal lain yang harus ditambahkan pada produk baru Anda agar dapat diterima pasar dengan mudah,
-               segmentasi yang jelas. Segmentasi adalah salah satu bagian dari strategi penting untuk memasarkan produk. Tentukan segmentasi produk baru Anda lalu carilah pasar yang sesuai. Dengan demikian, kemungkinan produk Anda diterima pasar menjadi lebih besar,
-               menciptakan promosi yang menarik dan efektif. Anda bisa memperkenalkan produk lewat event-event  yang menarik atau program diskon promo; namun tetap efektif.
-               mengikuti pameran. Pameran atau event sejenisnya adalah salah satu media efektif untuk memasarkan produk baru.

Menggaet Konsumen Lewat Pelayanan Prima
Selain strategi pemasaran produk baru yang telah disebutkan di atas, masih ada satu lagi cara pemasaran yang akan menarik konsumen dalam jumlah yang lebih banyak lagi; yaitu melalui pelayanan tanpa cacat ketika memperkenalkan produk secara langsung. Strategi ini akan menarik konsumen karena mereka cenderung menyukai pelayanan yang ramah dan cepat, serta profesional dari penjual produk, entah itu barang atau jasa. Selain menarik minat konsumen untuk melirik produk baru Anda, cara ini pun terbilang efektif untuk menciptakan pemasaran berantai; misalnya, konsumen yang telah mengenal produk tersebut akan menyebarkan informasi karena mereka terkesan dengan pelayanan terbaik yang Anda sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar